Home » , , , , » Dua Juta Warga RI Korban Human Trafficking

Dua Juta Warga RI Korban Human Trafficking

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Selasa (15/06) mengeluarkan laporan 43% dari buruh migran Indonesia di luar negeri, sekitar 2 juta orang, menjadi korban perdagangan manusia atau human trafficking.

Pemerintah Indonesia sampai sekarang tidak peduli pada nasib para buruh migran tersebut, selama devisa yang masuk ke kas Jakarta masih dalam jumlah besar. Demikian Anis Hidayah, direktur eksekutif Migrant Care, pemerhati buruh migran, yang laporannya dipakai oleh pemerintah Amerika Serikat.

Setiap tahun pemerintah AS membuat laporan tentang human trafficking atau perdagangan manusia. Washington menilai situasi di berbagai negara. Laporan mengenai Indonesia antara lain didasari pada laporan organisasi pemerhati buruh migran, Migrant Care.

Bentuknya macam-macam
43% warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, menjadi korban trafficking, dengan mekanisme migrasi yang dimiliki Indonesia saat ini. Dengan kata lain, apakah mereka legal, dalam kata mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia atau tidak, mereka tetap menjadi korban trafficking.

Bentuknya bermacam-macam, mulai dari korban penipuan dokumen, pilihan pekerjaan atau upah.

Reaksi pemerintah Indonesia sampai saat ini belum ada. Bahkan kebanyakan mengabaikan laporan mengenai nasib warganya di luar negeri, selama uang masuk ke kas negara masih dalam jumlah besar.

Negara setiap tahunnya sangat diuntungkan secara ekonomi dari proses bermigrasinya warga negara Indonesia ke berbagai negara, kata Anis Hidayah.

Perempuan
Tahun 2009 negara menerima pemasukan devisa sebesar 94 triljun rupiah, dari proses bermigrasi. 73% dari jumlah itu adalah kontribusi kaum perempuan yang bekerja di sektor domestik atau pekerja rumah tangga di berbagai negara.

Pemasukan komoditi inilah yang mendorong konsentrasi pemerintah hanya pada angka penempatan dan devisa yang masuk ke negara, lanjut Anis Hidayah.

Apa langkah yang harus diambil, sehingga masalah ini menggelitik pemerintah dan parlemen Indonesia? Ikuti penjelasan Anis Hidayah kepada Radio Nederland di bawah ini:
URL sumber: http://www.rnw.nl/article/dua-juta-warga-ri-korban-human-trafficking
Links:
Images:
[i1] Buruh migran di Hongkong -- http://www.rnw.nl/data/files/images/lead/buruh%20migran%20di%20Hongkong%C2%A9Flickr%2C%20Rex%20Pe.jpg
[i2] http://www.rnw.nl/
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Generasi Berencana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger